Rehabilitasi Narkoba

Ayat Yang Menjadi Dalil Pengharaman Narkoba Dan Cara Mengobatinya

Posted on

Narkoba – Narkoba merupakan akronim dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif. Mungkin kebanyakan orang sudah tau tentang narkoba ini.

Sebab sering sekali informasi tentang hal ini di ulas di televisi dan media lainnya, narkoba ini menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri untuk masa depan sebuah bangsa, khususnya bangsa Indonesia

Kenapa? karena narkoba ini bisa merusak kerja otak dan kesehatan mental generasi bangsa yang seharusnya bisa membangun bangsanya malah tidak bisa.

Bahkan dalam agama Islam sudah ada rambu-rambu yang jelas dan tegas soal masalah narkoba ini.

Walau pun tidak di jelaskan secara gamblang di dalam Al quran tetapi bisa dilihat dari gelaja dan efek buruk yang terjadi bila mengkonsumsi narkoba ini sudah sangat pasti dilarang.

Bahkan Ibnu Taimiyah memberikan fatwa haram untuk hal yang terkait dengan narkoba ini.

Dalil Al Quran Tentang Narkoba

Beliau berkata “Narkoba sama seperti zat yang membaukan lainnya diharamkan sesuai kesepakatan para ulama dan setiap zat yang dapat menghilangkan akal, haram untuk dikonsumsi walau pun tidak memabukan”.

Ayat Yang Menjadi Dalil Pengharaman Narkoba

Ayat yang menjadi dasar untuk masalah narkoba ini ada pada Surat An Nisa Ayat 29.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِّنْكُمْ ۗ وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا

Artinya :

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu.

Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. (Q.S. An-Nisa ayat 29).

Perintah Allah dalam ayat tersebut jelas melarang manusia untuk membunuh diri sendiri dengan cara apapun termasuk dengan mengkonsumsi narkoba.

Ayat tersebut menjadi sebuah landasan yang kuat untuk narkoba diharamkan.

Bila dilihat lagi ada dampak yang lebih luas lagi dari narkoba ini selain bagi penggunanya, tetapi bagi orang lain dan masyarakat pada umumnya.

ayat narkoba

Seperti Sabda Nabi Muhammad Sallahualaiwasalam, “Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan tidak boleh memberi bahaya (mudharat) kepada orang lain” (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

Walau pun kamu sudah mengetahui bagaimana efek buruk yang ditimbulkan dari narkoba ini tetapi bukannya makin berkurang malah jenis dari narkoba ini semakin bervariasi jenisnya.

Sudah berapa banyak generasi muda yang sudah terkena efek buruk dari barang haram ini, sudah saatnya semua kalangan ikut berpartisipasi dalam gerakan say no to drugs.

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana bila seseorang sudah menjadi pecandu narkoba apakah masih bisa di obati kecanduannya?,

Bagaimana Cara Mengobati Kecanduan Narkoba?

Bila kamu membaca laman Indonesia Investments disana disebutkan bahwa pengguna narkoba di Indonesia mencapai 1.200.000 orang.

Narkoba

Lalu apakah ada cara bagaimana mengobati orang orang yang kecanduan narkoba ini sampai sembuh total?

Jawabannya, ada tetapi harus dibarengi dengan kesungguhan hati dan niat yang bulat, dibawah ini beberapa cara yang bisa di tempuh untuk mengobati kecanduan narkoba.

1. Dengan Melakukan Detoksifikasi

Mungkin ada yang belum mengetahui apa itu detoksifikasi, detoksifikasi merupakan langkah awal dalam proses perawatan serta pemuliahan diri dari kecanduan narkoba.

Caranya adalah dengan melakukan pembersihan tubuh dari zat-zat narkoba yang sudah masuk ke tubuh.

Proses ini membantu kamu untuk terlepas dari kecanduan narkoba, kegiatan detoks ini bisa dilakukan sampai satu minggu lamanya.

2. Terapi Konseling

Berikutnya setelah selesai melakukan tahap awal yaitu detoksifikasi, selanjutnya adalah melakukan terapi konseling dan prilaku.

Terapi ini bisa dilakukan secara pribadi, atau pun berkelompok dengan anggota keluarga.

Pada sesi terapi ini ada beberapa jenis yang harus di ikuti seperti terapi kognitif prilaku, wawancara motifasi, terapi keluarga dan lain-lain.

3. Program Rehabilitasi

Program rehabilitasi narkoba ini adalah pengobatan dengan jangka waktu yang panjang supaya bisa terlepas dari ketergantuangan zat psikoaktif.

Setelah niat dan kesungguhan untuk bisa melepaskan diri dari narkoba, rehabilitasi ini membantu kamu supaya bisa bebas dari narkoba.

Lama dari program rehabilitasi ini sekitar 3-4 bulan, beberapa fasilitas yang ada di tempat rehab ini seperti konseling, pemberian obat untuk efek samping narkoba dan depresi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai narkoba dalam pandangan Islam dan juga bagaimana proses yang harus di tempuh untuk bisa sembuh dari ketergantungan narkoba.

( Quran Wanita )

Leave a Reply

Your email address will not be published.